Selasa, 22 Maret 2022

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Oleh: Imam Mas'ud, S.Pd




1. Apa yang menarik bagi Anda setelah memelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid?

Menurut saya hal yang menarik  pada saat memelajari modul modul 3.3 adalah adanya 7 karakteristik lingkungan untuk mendukung terwuhujudnya kepemimpinan murid. Ternyata untuk mengembangkan hal tersebut kita sebagai pendidik perlu mengakomodir choice(pilihan), voice (suara) serta ownership (kepemilikan) murid.

Selain hal tersebut, yang tak kalah penting adalah bagaimana kita mampu berkolaborasi dengan segenap warga sekolah/komunitas sekolah dalam membantu menumbuhkan kepemimpinan murid melalui program yang berdampak pada murid.

Juga bagaimana mengidentifikasi, merancang dan mengelola program yang efektif dan berdampak pada murid. Untuk memilih dan merancang program yang berdampak pada murid dapat dilakukan melalui tahapan BAGJA (Buat pertanyaan,Ambil pelajaran,Gali Mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi) sebagai acuan langkah bagi guru dan dapat terorganisasi dengan baik.

 

2. Apa yang mengejutkan yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid?

Hal yang mengejutkan yang saya temukan dalam proses pembelajaran tentang program yang berdampak pada murid adalah untuk mewujudkan kepemimpinan murid, kita perlu mengakomodir choice(pilihan), voice (suara) serta ownership (kepemilikan) murid. Mempertimbangkan suara, pilihan dan kepemilikan murid adalah tentang bagaimana kita memberdayakan murid kita agar memiliki kekuatan untuk dapat berubah ke arah yang lebih baik. Sebab selama ini murid cenderung menunggu apa yang diberikan oleh guru. Program ini dapat memberikan ruang bagi murid untuk bersuara tentang apa yang membuat mereka nyaman dan menentukan pilihan mereka sendiri agar bisa memiliki rasa kepemilikan sehingga program ini mampu memberikan wadah bagi murid untuk mengembangkan ide dan kreativitas bagi murid sehingga terwujudlah kepemimpinan murid.

 

3.  Apa yang berubah yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

Hal yang berubah yang akan saya lakukan setelah memahami materi ini  adalah berupaya mengakomodir segenap aspek suara, pilihan, dan kepemilikan murid untuk melaksanakan program yang berdampak kepada murid.  Saya akan berupaya untuk mensosialisasikan di komunitas praktisi saya tentang pentingnya mengakomodir ketiga hal tersebut untuk mewujudkan kepemimpinan murid dengan memberdayakan sumber daya aset yang dimiliki oleh sekolah dan merancangnya dengan tahapan BAGJA untuk mempermudah pelaksanaannya.

4. Apa yang menantang  bagi Anda untuk memahami apa yang disampaikan dalam modul ini?

Yang menantang bagi saya untuk memahami modul 3.3 adalah bagaimana memilih program yang efektif dan tepat untuk diterapkan di sekolah saya dalam rangka mewujudkan kepemimpinan murid dengan memepertimbangkan asset yang ada di sekolah saya. Tantangan terbesarnya adalah tentu saya harus melibatkan dan bekerjasama dengan seluruh stakeholder yang ada di sekolah yang mana bisa saja ada yang enggan diajak bekerjasama untuk merancang dan melaksanakan program tersebut.

5. Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya menyusun program yang berdampak pada murid.

Sumber-sumber dukungan yang saya miliki untuk membantu saya dalam menyusun program yang berdampak pada murid adalah segenap warga sekolah (kepala sekolah, rekan guru, staff TU, pustakawan, laboran, OPS, penjaga sekolah), lingkungan sekolah, lingkungan sekitar sekolah, dan lingkungan diluar sekolah yang lebih luas lagi.

 



1 komentar:

  1. bagus pak Imam, apa yang dituliskan disini semoga dapat dijadikan tolak ukur dalam menentukan gerak langkah ke depan, di sini belum terinci inti kegiatan yang akan ditindaklanjuti, padahal menarik lho. Kita bisa berbagi ide yang bisa jadi akan banyak dukungan,sehingga kita makin joss

    BalasHapus