By: Imam Mas'ud, S.Pd
Model yang digunakan dalam Jurnal Reflksi Minggu ke 24 ini adalah Model 5 R.
Reporting
Materi pada minggu ini diawali dengan ruang kolaborasi sesi presentasi
diskusi modul 3.3 kami dibagi menjadi 3 kelompok heterogen setiap kelompok
beranggotakan 4 orang dan masing-masing kelompok mempresentasikan tentang
perencanaan dan pengelolaan program yang berdampak pada murid . Setelah
mnyelesaikan presentasi ruang kolaborasi kemudian dilanjutkan dengan
demonstrasi kontekstual modul 3.3.
Responding
Saya sangat senang mendapatkan materi pengelolaan program
yang berdampak pada murid. Hal ini merupakan materi baru yang saya peroleh
dalam PGP dalam mengelola program yang berdampak pada murid. Panduan yang dapat
digunakan adalah menerapkan paradigma inquiry apresiatif melalui tahapan BAGJA
karakter lingkungan yang dikembangkan serta diagram Y yang mencakup suara
pilihan kepemilikan murid.
Relating
Pada dasarnya bahwa setiap sekolah pasti selalu membuat
program untuk mengakomodir kebutuhan murid, namun selama ini belum dimulai dengan 7 modal
yang sekolah miliki. Ketujuh model
tersebut yaitu sumber daya manusia, sosial, fisik, lingkungan, politik ,financial,
agama dan budaya dapat digunakan sebagai penunjang program sekolah yang
diharapkan.
Reasoning
Salah satu panduan yang dapat digunakan adalah dengan
menerapkan paradigma yang apresiatif melalui tahapan BAGJA (Buat pertanyaan,
Ambil Pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi) karakteristik
lingkungan yang dikembangkan serta diagram Y yang mendorong keterpenuhinya
suara, pilihan dan kepemilikan murid.
Reconstructing.
Setelah mempelajari dan memahami pengelolaan program yang
berdampak pada murid, saya akan mengaplikasikannya dalam pembelajaran di
lingkungan sekolah. Penerapan strategi yang digunakan dalam pengelolaan program
yang berdampak pada murid.
Bagus Pak Imam , jurnal refeksi mingguan ke 24 kali ini pak Imam mengupas menggunakan 5 R yang menerapkan BAGJA. Pak Imam peka dengan kondisi sekitar yang selama ini belum bergerak dengan 7 modal yang sekolah miliki. Ketujuh model tersebut yaitu sumber daya manusia, sosial, fisik, lingkungan, politik ,financial, agama dan budaya dapat digunakan sebagai penunjang program sekolah yang diharapkan. Mantap. silakan kembangkan terus, CGP hebat.
BalasHapus