Sabtu, 26 Februari 2022

3.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 20

 


3.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 20

Imam Mas'ud, S.Pd

Tidak terasa, tibalah kami di  minggu ke-20 pendidikan guru penggerak angkatan 3 Kabupaten Lampung Selatan. Di minggu ke-20 ini, kami memulai aktivitas pembelajaran Modul 3.2. Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran.

Jurnal refleksi minggu ke-20 ini saya menggunakan model 4F. Model 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut.

1.       Fact (Peristiwa)

a.    Mulai dari diri

Aktivitas yang dilakukan dalam mulai dari diri adalah mengingat ulang pengetahuan tentang faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sekolah dengan mengisi pertanyaan yang ada, merefleksikan hasil jawaban yang dimiliki dari pengetahuan awal tentang materi ini dengan keadaan di sekolahnya, dan mengajukan pertanyaan dan harapan tentang materi ini.

b.    Eksplorasi konsep mandiri

Dalam aktivitas pembelajaran eksplorasi konsep mandiri Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya saya belajar Berpikir berbasis aset dan berpikir berbasis kekurangan/masalah, menggunakan Strategi pengelolaan sumber daya menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (Asset-Based Community Development/ABCD), melakukan Pemetaan sumber daya yang ada di daerah dan sekolah menggunakan tujuh aset/sumber daya berdasarkan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (Asset-Based Community Development) CGP,  mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah,  mengidentifikasi peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, memahami pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset Based Community Development/ABCD), memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya, dan mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.

c. Eksplorasi konsep forum diskusi

Di sesi ini saya mendiskusikan beberapa pertanyaan yang terkait materi dari Eksplorasi konsep sebelumnya dengan seluruh CGP dan dipandu oleh fasilitator, memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya, mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid, dan memahami cara berpikir dengan pendekatan asset-based thinking.

d.    Lokakarya 5.

Lokakarya ke 5 PGP angkatan 3 Kabupaten Lampung Selatan dilaksanakan pada 26 Februari 2022 bertempat di Gedung SMP Yadika Natar Lampung Selatan. Lokakarya kali ini memiliki kesan tersendiri bagi kami. Untuk pertama kalinya dalam pelaksanaan loka karya angkatan ke 3 guru penggerak Kabupaten Lampung Selatan, ada beberapa rekan CGP yang berhalangan hadir dikarenakan terpapar Covid 19. Tapi puji syukur alhamdulillah lokakarya dapat berjalan dengan lancar. Untuk lokakarya 5, topik pembelajaran modul adalah :  Refleksi Kompetensi Calon Guru Penggerak. Berdasarkan topik tersebut, CGP dapat merefleksi diri sejauh mana perkembangan kompetensi calon guru penggerak selama mengikuti program ini.

2. Feelings (Perasaan)

Saya sangat senang karena mendapatkan konsep baru tentang pendekatan berbasis aset. Konsep yang dapat memberikan perubahan ke arah lebih baik pembelajaran di sekolah. Bagaimana kita sebagai pemimpin belajar menemukan/mengidentifikasi, mengelola dan mengevaluasi sumber daya yang dimiliki sekolah sebagai kekuatan yang dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid.

3.    Findings (Pembelajaran)

Dalam modul pemimpin dalam pengelolaan aset saya belajar bagaimana mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah,  dalam modul ini pun saya belajar untuk mengelola sumber daya yang dimiliki dan bagaiman mengelola sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset Based Community Development/ABCD) selanjutnya melakukan pemetaan sumber daya tersebut dan mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.

4.    Future ( Penerapan)

Ke depannya saya akan berupaya untuk mengidentifkasi sumber daya yang ada di sekolah Saya yaitu SMPN 2 Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan, melakukan pemetaan dan mengevaluasi hasil pemetaan tersebut. Proses akan dilakukan sebagai upaya perbaikan ekosistem sekolah yang lebih berpihak kepada murid dan mampu menciptakan kemerdekaan belajar, sehingga murid dapat hidup dan berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya.


1 komentar:

  1. Mantap betul (mantul) demikian yang perlu saya sampaikan, Pak Imam Punya talenta lebih,ada yang harus dibagikan . maaf nggih pK Imam punya kewajiaban mengimbanskan apda orang lain di CGP

    BalasHapus