3.2.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 20
Imam Mas'ud, S.Pd
Tidak terasa, tibalah kami di minggu ke-20 pendidikan guru penggerak angkatan
3 Kabupaten Lampung Selatan. Di minggu ke-20 ini, kami memulai aktivitas pembelajaran
Modul 3.2. Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran.
Jurnal refleksi minggu ke-20 ini saya menggunakan model 4F.
Model 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway.
4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut.
1.
Fact (Peristiwa)
a.
Mulai dari diri
Aktivitas yang dilakukan dalam mulai dari diri adalah
mengingat ulang pengetahuan tentang faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem
sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sekolah dengan mengisi pertanyaan
yang ada, merefleksikan hasil jawaban yang dimiliki dari pengetahuan awal
tentang materi ini dengan keadaan di sekolahnya, dan mengajukan pertanyaan dan
harapan tentang materi ini.
b.
Eksplorasi konsep mandiri
Dalam aktivitas pembelajaran eksplorasi konsep mandiri
Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya saya belajar Berpikir berbasis aset dan
berpikir berbasis kekurangan/masalah, menggunakan Strategi pengelolaan sumber
daya menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (Asset-Based
Community Development/ABCD), melakukan Pemetaan sumber daya yang ada di daerah
dan sekolah menggunakan tujuh aset/sumber daya berdasarkan pendekatan
Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (Asset-Based Community Development) CGP,
mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah,
mengidentifikasi peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, memahami
pengelolaan sumber daya yang ada di sekolahnya dengan menggunakan pendekatan
Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset Based Community Development/ABCD),
memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolahnya, dan
mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat
dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.
c. Eksplorasi konsep forum diskusi
Di sesi ini saya mendiskusikan beberapa pertanyaan yang
terkait materi dari Eksplorasi konsep sebelumnya dengan seluruh CGP dan dipandu
oleh fasilitator, memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan
sekolahnya, mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang
dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid, dan
memahami cara berpikir dengan pendekatan asset-based thinking.
d.
Lokakarya 5.
Lokakarya ke 5 PGP angkatan 3 Kabupaten Lampung Selatan dilaksanakan
pada 26 Februari 2022 bertempat di Gedung SMP Yadika Natar Lampung Selatan. Lokakarya
kali ini memiliki kesan tersendiri bagi kami. Untuk pertama kalinya dalam
pelaksanaan loka karya angkatan ke 3 guru penggerak Kabupaten Lampung Selatan,
ada beberapa rekan CGP yang berhalangan hadir dikarenakan terpapar Covid 19.
Tapi puji syukur alhamdulillah lokakarya dapat berjalan dengan lancar. Untuk
lokakarya 5, topik pembelajaran modul adalah : Refleksi Kompetensi Calon
Guru Penggerak. Berdasarkan topik tersebut, CGP dapat merefleksi diri sejauh
mana perkembangan kompetensi calon guru penggerak selama mengikuti program ini.
2. Feelings (Perasaan)
Saya sangat senang karena mendapatkan konsep baru tentang
pendekatan berbasis aset. Konsep yang dapat memberikan perubahan ke arah lebih
baik pembelajaran di sekolah. Bagaimana kita sebagai pemimpin belajar
menemukan/mengidentifikasi, mengelola dan mengevaluasi sumber daya yang
dimiliki sekolah sebagai kekuatan yang dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan
untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid.
3.
Findings (Pembelajaran)
Dalam modul pemimpin dalam pengelolaan aset saya belajar
bagaimana mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah,
dalam modul ini pun saya belajar untuk mengelola sumber daya yang
dimiliki dan bagaiman mengelola sumber daya yang ada di sekolahnya dengan
menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas berbasis Aset (Asset Based
Community Development/ABCD) selanjutnya melakukan pemetaan sumber daya tersebut
dan mengevaluasi hasil pemetaan potensi sumber daya sekolahnya yang dapat
dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.
4. Future ( Penerapan)
Ke depannya saya akan berupaya untuk mengidentifkasi sumber
daya yang ada di sekolah Saya yaitu SMPN 2 Tanjungsari Kabupaten Lampung
Selatan, melakukan pemetaan dan mengevaluasi hasil pemetaan tersebut. Proses
akan dilakukan sebagai upaya perbaikan ekosistem sekolah yang lebih berpihak
kepada murid dan mampu menciptakan kemerdekaan belajar, sehingga murid dapat
hidup dan berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya.
Mantap betul (mantul) demikian yang perlu saya sampaikan, Pak Imam Punya talenta lebih,ada yang harus dibagikan . maaf nggih pK Imam punya kewajiaban mengimbanskan apda orang lain di CGP
BalasHapus