Sabtu, 12 Februari 2022

3.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 18

 


3.1.a.10.2. Jurnal Refleksi - Minggu 18

Model 4F

Imam Mas’ud, S.Pd

1. Facts (Peristiwa)

Pada Minggu ini kami masih di modul 3.1 yang membahas tentang Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Di minggu ke-18 ini kami para CGP melakukan beberapa aktivitas pembelajaran meliputi:

 

3.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Nilai-nilai Kebajikan Universal

3.1.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Prinsip Pengambilan Keputusan

3.1.a.4.2. Eksplorasi Konsep - Konsep Pengambilan dan Pengujian Keputusan

3.1.a.4.3. Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep

3.1.a.5. Ruang Kolaborasi - Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

3.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi - Kerja Kelompok

3.1.a.5.2. Ruang Kolaborasi - Presentasi

Refleksi terbimbing

 

2. Feelings (Perasaan)

Perasaan saya saat memulai pembelajaran Modul 3.1 sejujurnya saya sangat kesulitan memahaminya bahkan harus membaca dan mendengarkan tayangan video secara berulang-ulang. Dengan adanya ruang kolaborasi,  alhamdulilah banyak hal yang bisa saya pahami tentang Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran.

 

3. Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran yang saya pelajari di modul ini diantaranya :

a. Membedakan dilema etika/ethical dilemma dengan bujukan moral/moral temptation, mengidentifikasi jenis-jenis dilema berdasarkan 4 paradigma

b. Memahami 4 paradigma dilema etika dan membuat inferensi/kesimpulan, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

a. Memahami bahwa pada diri kita sudah tertanam prinsip-prinsip tanpa kita menyadarinya yang akhirnya menentukan kecenderungan seseorang dalam mengambil keputusan.

b. Mempertanyakan pemahamannya tentang ketiga prinsip pengambilan Forum Diskusi – Langkah Pengambilan dan Pengujian Keputusan Menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan dalam situasi dilema etika yang dihadapi seseorang serta mendiskusikan langkah pengambilan dan pengujian tersebut


4. Future (Penerapan)

Dengan memahami modul 3.1 ini semoga saya bisa menerapkan langkah pengambilan dan pengujian

keputusan dengan menerapkan sembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan dalam situasi

dilema etika yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari di sekolah. Dan harapannya saya bisa

membagikan pemahaman ini kepada rekan sejawat di komunitas praktisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar